Sholawat Fatikh : Fadhilah dan Terjemah

Saya masih mengingat ketika saya belajar di TPQ (Taman Pendidikan Al-Qu’an) dulu, ustadz dan ustadzah mengajarkan kepada saya sebuah sholawat yang disebut sholawat Fatikh. Sholawat Fatikh biasa dibaca oleh para santri menjelang pelajaran ngaji. Anda mungkin juga sudah pernah mendengar tentang sholawat Fatikh, atau Anda memang sudah menghafalnya.

Apa fadhilah membaca sholawat Fatikh ?
Fatikh memiliki arti pembuka. Sesuai dengan nama dan isinya, maka sholawat Fatikh bisa diniati untuk :

1. Membuka pintu rizki
2. Membuka pintu ilmu
3. Membuka kemudahan dan menghilangkan kesulitan hidup
4. Membuka hati agar sadar dan bertaubat
5. Membuka pertolongan, dan lainnya.

Sholawat Fatikh biasa dilafalkan untuk membuka kemudahan dan menghilangkan kesulitan. Tetapi, ini tergantung pada niat dan keinginan Anda, Anda bisa membacanya untuk diri Anda sendiri atau untuk orang lain. Bacalah secara rutin setiap hari setelah selesai sholat, Insya’allah, Allah akan memberikan kemudahan pada urusan Anda.
اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا اُغْلِقُ، وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ، وَالْهَادِى اِلَى صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلٰى اٰلِهِ وَاَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ

“Ya Allah, limpahkanlah rohmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, pembuka sesuatu yang tertutup, penutup sesuatu yang terdahulu (penutup para nabi dan rosul), penolong kebenaran dengan kebenaran, dan penunjuk ke jalan yang lurus, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, sepantas derajat dan kedudukan beliau yang agung”

Post a Comment

Previous Post Next Post