Nasehat Seorang Wanita Cantik Kepada Syekh Hasan Al-Bashri


Syekh Hasan Al-Bashri adalah salah satu kekasih Allah yang terkenal ta’at dan bertaqwa. Beliau menjadi ulama’ yang terkenal di zamannya. Kisah berikut akan menceritakan sebab beliau bertaubat dan kembali ke jalan Allah SWT.
Ketika masih muda beliau adalah seorang pemuda yang tampan. Beliau suka mengenakan pakaian-pakaian yang mewah dan bagus, dan berkeliling kota Basroh. Pada suatu hari ketika beliau berjalan mengelilingi kota, beliau bertemu dengan seorang wanita yang cantik. Beliau mengikuti wanita itu dari belakang dan menoleh (melirik) kepadanya.
Wanita             : Apa enkau tidak malu ?
Hasan              : Kepada siapa ?
Wanita             : Pada seorang yang mengetahui apa yang ada dalam pandangan dan hati.
Tetapi beliau tidak menghiraukannya. Beliau tak kuasa dan tak dapat menahan diri, beliau merasa tertarik pada wanita itu dan mengikuti sampai kerumahnya.
Wanita             : Untuk apa engkau datang kesini ?
Hasan              : Aku telah tertipu oleh keindahan sayup matamu.
Wanita             : Duduklah disini, aku akan memberikan apa yang kau inginkan.
Beliau jatuh cinta pada wanita itu dan menyangka bahwa wanita itu juga merasakan hal yang sama. Saat beliau sedang duduk, datanglah utusan wanita tersebut dengan membawa sebuah wadah makanan yang tertutup kain dan memberikan wadah itu pada beliau. Kemudian beliau membukanya, ternyata didalam wadah tersebut bukanlah makanan melainkan dua mata yang telah tercongkel.
Utusan             : Tuanku mengatakan “aku tidak ingin mata ini menjadikan fitnah atas
seseorang”.
Ketika mendengar pesan tersebut, beliau sadar bahwa wanita tersebut telah mencongkel matanya sendiri. Badan beliau gemetar, disaat itu pula beliau pulang kerumah dengan beribu penyesalan hati. Beliau bertaubat dan menangis tersedu-sedu pada malam harinya. Pada keesokan hari, beliau pergi kerumah wanita tersebut untuk memohon maaf. Sesampai dirumah wanita tersebut, beliau melihat rumahnya tertutup dan menanyakannya pada tetangga rumah. Mereka mengatakan bahwa wanita pemilik rumah itu telah meninggal dunia, akhirnya beliau kembali kerumah beliau. Dengan penuh penyesalan dan perasaan bersalah, beliau menangis selama 3 hari. Pada malam ketiga hari itu, beliau bermimpi bertemu dengan wanita tersebut. Wanita itu duduk didalam surga.
Hasan              : Aku minta maaf dan memohon halal atas semua perlakuanku padamu !
Wanita             : Aku telah memaafkanmu, sesungguhnya aku telah memperoleh kebaikan yang
besar dari Allah karenamu
Hasan              : Lalu berilah aku nasehat ?
Wanita             : Saat engkau sendiri, ingatlah Allah. Saat pagi dan sore memohonlah ampun dan
bertaubatlah pada-Nya.
Syekh Hasan Al-Bashri memegang dan mengamalkan nasehat wanita tersebut. Beliau menjadi ulama’ yang terkenal ta’at dan taqwa pada zaman itu. Dan memperoleh derajat tinggi dihadapan Allah sebagai kekasih-Nya.

Semoga kita semua senantiasa diberi rahmat dan hidayah Allah dalam menjalani kehidupan yang penuh kebohongan…amiin Ya Arhamar Rohimin, ^_^




Post a Comment

Previous Post Next Post