Sifat dan Akhlaq Rosulullah SAW



  • Rosulullah SAW adalah seorang yang dermawan dan suka memberi, sampai-sampai tak tersisa uang dirham dan dinar beliau. Beliau tidak mengambil apa yang diberikan Allah kecuali hanya makanan sebagai penguat tenaga. Apabila beliau mempunyai sesuatu yang lebih, maka tak kunjung beliau memberikannya kepada orang yang membutuhkan. Bahkan tidak ada sahabat yang meminta sesuatu kepada beliau kecuali beliau memberi apa yang ia minta. Beliau lebih mementingkan orang lain daripada beliau sendiri, sehingga sering beliau meminjam harta milik sahabat karena makanan jatah setahun beliau tidak mencukupi (karena makan jatah setahun beliau berikan untuk orang lain yang membutuhkan).
  • Rosulullah SAW bukan orang yang pemarah dan suka memaafkan. Beliau adalah orang yang penuh kasih sayang bukan hanya pada sesama manusia tetapi juga kepada semua makhluk. Bahkan disaat peperangan, beliau melarang para sahabat untuk membunuh anak-anak dan wanita, memotong tanaman yang baru tumbuh, dan menebang pohon yang berbuah. Beliau adalah manusia terbaik dan manusia yang paling bermanfaat. Tak pernah para sahabat mengeraskan suara pada beliau saat berbicara, tetapi mereka berbicara dengan ramah dan lembut, begitu pula beliau saat berbicara dengan para sahabat.
  • Rosulullah SAW adalah orang yang mandiri dan senang mengerjakan pekerjaannya seorang diri. Sebagai seorang rosul dan juga kepala negara, beliau sering menjahit sandal sendiri, menambal pakaian sendiri, dan sering mengerjakan pekerjaan istri-istri beliau. Jika beliau dihadapkan dua perkara yang bertentangan, maka beliau lebih memilih perkara yang lebih mudah kecuali perkara tersebut adalah suatu keburukan dan dosa.
  • Rosulullah SAW adalah orang yang sangat pemalu, menghargai  orang lain, dan rendah hati. Beliau tidak pernah menatapkan pandangan pada wajah orang lain. Beliau juga sering mendoakan para hamba dan budak. Beliau selalu menerima pemberian orang lain walau itu cuma seteguk susu peras dan tidak pernah memakan harta zakat. Beliau tidak gensi dan malu untuk berteman dan mendatangi undangan para orang fakir dan miskin. Beliau pun selalu makan dalam keadaan duduk di atas tanah, hal ini menunjukkan beliau sangat rendah hati. Jika datang seorang tamu (bangsawan atau seorang budak, orang kaya atau orang miskin), beliau selalu berdiri, menyambut, dan memuliakannya.
  • Rosulullah SAW selalu marah karena Allah bukan karena diri sendiri. Diceritakan bahwa salah seorang sahabat telah di bunuh oleh orang Yahudi, namun beliau tidak marah dan benci sedikit pun. Beliau tidak memerintahkan sahabat untuk membunuh orang Yahudi tersebut, tetapi menyuruhnya untuk menebus atas pembunuhan itu dengan 100 ekor unta sesuai aturan dan hukum pembunuhan dalam agama islam.
  • Rosulullah SAW adalah orang yang menerima atas apa yang ada dan apa yang telah terjadi. Beliau selalu memakan makanan seadanya, makanan enak atau tidak enak selalu beliau makan dengan hati yang lapang. Jika menemui kurma bukan roti, beliau masih memakannya. Jika beliau menemui ikan kering pun beliau memakannya. Jika menemui manisan atau madu, beliau masih memakannya. Jika menemui susu tanpa roti, beliau masih memakannya. Jika menemui semangka atau anggur, beliau masih memakannya. Beliau tidak pernah menolak atau mengeluh atas apa yang telah terjadi.
  • Rosulullah SAW tidak pernah makan sambil telentang dan leyeh-leyeh. Beliau tidak pernah makan di atas meja makan, tapi makan sambil duduk di atas tanah. Beliau tidak pernah kenyang selama tiga hari berturut-turut, bukan karena fakir atau kikir, tapi karena memberikan makanan itu dan selalu mementingkan orang lain padahal beliau sendiri membutuhkannya.
  • Rosulullah adalah orang yang ramah tamah dan pandai bergaul. Ketika bertemu dengan salah seorang sahabat, beliau mengawali dengan mengucapkan salam dan berjabat tangan. Jika beliau berbincang-bincang atau menemui seorang, maka beliau menunggu sampai orang tersebut mengawali perpisahan atau berpamitan.
  • Rosulullah SAW selalu menghormati dan memuliakan tamunya. Jika beliau sedang sholat sunnah sedangkan seseorang menunggunya, maka beliau mempercepat sholat kemudian beliau segera menemui orang tersebut dan berkata “Ada keperluan apakah kamu ?”. Apabila kedatangan seorang tamu, terkadang beliau membeber pakaiannya terkadang juga bantal lalu menyuruh tamu tersebut duduk di atas pakaian dan bantal tersebut (zaman Rosulullah hampir semua lantai rumah masih berupa pasir dan tanah). Beliau selalu memberikan semua hak bagi orang duduk bersama dan tamu beliau, semuanya beliau berikan mulai dari tempat duduk, pendengaran, perhatian, pandangan, lembutnya ucapan, dan bagusnya akhlaq.
  • Rosulullah SAW adalah seorang yang sangat sopan santun dan tenang (bukan karena sombong). Beliau tidak pernah merasa susah dan gelisah atas urusan dunia. Beliau sering menaiki unta sambil membonceng seorang budak dan para sahabat. Beliau juga sering makan bersama orang miskin dalam satu wadah makanan. Beliau senang menjenguk orang yang sakit meski rumah orang tersebut di pojok kota. Beliau suka memakai wangi-wangi  dan selalu mengenakan cincin yang terbuat dari perak di kedua jari kelingking. Beliau sering duduk bersama para orang fakir dan makan bersama para orang miskin dalam satu wadah makanan. Beliau tidak pernah menghina para fakir dan miskin karena kefakiran dan kemiskinannya. Sahabat Anas ra. (pelayan Rosulullah SAW) berkata :

قال انس : والذي بعثه بالحق ما قال لي في شيئ قط لم فعلته ولا مني نساؤه إلا قال دعوه إنما هذا بكتاب وقدر

Sahabat Anas berkata : demi tuhan yang telah mengutusnya (Rosulullah SAW) dengan kebenaran, Rosulullah SAW tidak pernah mengatakan kepadaku atas sesuatu “mengapa kamu melakukannya” dan istri-istri beliau tidak menegur kepadaku kecuali Rosulullah SAW berkata “biarkan dia, sesungguhnya ini telah tertulis dan telah ditakdirkan””

  • Rosulullah SAW adalah orang yang suka menyambung silaturrohim. Beliau tidak pernah sombong kepada orang lain. Beliau pun bisa menerima alasan orang lain. Beliau suka bercanda, tawa beliau adalah senyum buka tertawa terbahak-bahak. Beliau tidak berkata kecuali dengan kebenaran. Beliau pun suka bermain balapan unta dengan istri-istri beliau. Beliau pun suka berjalan-jalan mengelilingi kebun para sahabat.
  • Rosulullah SAW adalah orang yang sabar, bahkan ketika seseorang membentaknya. Para sahabat justru senang dan menawarkan diri untuk melayani beliau. Demikian pula beliau tidak pernah mencaci dan membentak para pelayan dalam hal makanan dan pakaian. Setiap amal yang beliau kerjakan adalah keikhlasan karena Allah SWT atau suatu kebaikan diri. Tanpa menghiraukan status hamba atau raja, beliau selalu mendoakan setiap orang muslim dengan kebaikan yang sepadan.
  • Rosulullah SAW adalah seorang yang ummy, artinya tidak bisa membaca dan menulis sampai beliau wafat. Beliau lahir dalam zaman kejahiliyahan (zaman kebodohan), mulai tumbuh dalam kefakiran dan mengembala kambing. Beliau tumbuh sebagai seorang anak yatim piatu, tanpa ibu dan tanpa ayah. Kemudian Allah mengajarkan dan membimbing beliau dengan akhlaq dan jalan yang terpuji. Allah menganugrahi kecerdasan, kebijaksanaan, dan kema’rifatan. Allah mengabarkan beliau tentang kisah orang-orang terdahulu dan orang-orang di masa yang akan datang, keselamatan dan kecelakaan di hari kiamat, serta keberuntungan dan kerugian di akhirat. Atas rohmat Allah, beliau mampu menunjukkan jalan yang terang benderang dan gelap gulita, serta membedakan antara yang haq (benar) dan bathil. Beliau mampu membimbing manusia ke jalan lurus hingga akhir hari. Beliau adalah rohmat bagi seluruh alam, rohmat bukan hanya untuk umatnya, bukan pula pada zamannya, tapi rohmat untuk seluruh manusia sampai akhir masa.

Begitu mulia akhlaq dan adab Rosulullah SAW. Karena demikianlah Allah berfirman :

لقد كان لكم في رسول الله اسوة حسنة

Telah benar-benar ada pada diri Rosulullah SAW suri tauladan yang baik

Keterangan ini di ambli dari Kitab Mauidhotul Mu’minin penulis Syekh Muhammad Jamaluddin Al-Qosimy Ad-Damsyiqy, ringkasan dari Kitab Ihya’ Ulumuddin penulis Imam Ghozaly

Post a Comment

Previous Post Next Post