Hasad : Sifat Yang Merusak


Hasad adalah suatu perasaan tidak senang terhadap orang lain yang mendapat nikmat atau kebaikan, dan menginginkan serta berusaha nikmat itu hilang darinya. Hasad merupakan salah satu akhlaq tercela dan penyakit hati yang merusak. Akhlaq buruk yang menjadikan teman jadi musuh, kawan jadi lawan, dan saudara jadi orang asing. Rosulullah SAW bersabda :
اياكم والحسد فان الحسد يأكل الحسنات كما تأكل النار الحطب
Jauhilah hasad karena hasad bisa menghilangkan kebaikan seperti halnya api yang membakar kayu bakar
Dari hadist diatas menerangkan bahwa sifat hasad bisa menghanguskan kebaikan dalam diri. Seberapa banyak kebaikan tersebut jika tertanam sifat hasad dalam diri maka akan habis juga seperti layaknya seberapa banyak kayu bakar jika dibakar dengan api akan hangus menjadi abu. Jika dalam diri kita merasakan ada sedikit sifat seperti ini, maka cegahlah, perangilah, bencilah diri kitadan segera memohon ampun kepada Allah SAW. Jangan memperlihatkan atau menampakan baik dengan perkataan dan perbuatan yang mencerminkan sifat ini. Semakin kita tidak sadar dan terlena akan penyakit hati ini, maka akan semakin tertanam dalam dan sulit dihilangi. Untuk itu, marilah mengoreksi diri apakah kita merasa demikian, jika iya maka segeralah perangi agar kita bisa selamat dari penyakit hati ini.  Rosulullah SAW bersabda :
لايجتمع في جوف عبد الأيمان والحسد
Tidak bisa dikumpulkan (disatukan) di dalam hati seorang hamba iman dan hasad
Hadist tersebut berarti menyatakan bahwa seorang yang mempunyai hasad berarti ia tidak mempunyai iman, artinya ia jauh dari kebaikan. Perasaan tidak senang terhadap seseorang yang mendapat nikmat merupakan hal yang bersifat manusiawi, tetapi jika seketika itu tidak diperangi dan tetap dibiarkan maka hal itu menambah penyakit dalam hati dan bisa merusak iman kita. Jika melihat seseorang mendapat kenikmatan sedangkan kita mengharap kepada Allah seperti layaknya orang itu, maka hal itu diperbolehkan asalkan tidak menginginkan hilang atau celakanya orang yang mendapat nikmat.
Seseorang tertanam dalam hatinya akhlaq seperti ini dan tidak mau mencegahnya, maka itu menunjukkan bahwa hatinya keras seperti batu dan itu merupakan suatu keburukan yang hina. Seseorang yang di dalam hatinya  tidak tertanam sifat kasih sayang terhadap sesama menunjukkan keras hatinya, lemahnya iman, dan jauh dari Allah SWT. Ada 2 sifat yang merupakan kebaikan paling atas yaitu berprasangka baik kepada Allah dan berprasangka baik terhadap sesama. Ada 2 sifat yang merupakan keburukan paling atas yaitu berprasangka buruk kepada Allah dan berprasangka buruk terhadap sesama. Sifat hasad dan su’udzon (berprasangka buruk) merupakan dua sifat yang tidak bisa dipisahkan dan lekat menjadi satu. Setiap sifat-sifat buruk akan terhubung satu dengan yang lainnya, sekali tertanam dalam hati satu sifat buruk jika dibiarkan akan menular dan tertanamlah sifat-sifat buruk lainnya.
Berikut ini adalah beberapa cara mencegah timbulnya penyakit hasad dalam hati :
1.        Jika timbul perasaan tidak senang terhadap orang lain, segera perangi sifat tersebut
2.  Sering-seringlah mengkoreksi diri, memohon ampun, dan meminta perlindungan kepada Allah dari penyakit-penyakit hati 
3.     Jika dalam diri kita merasakan perasaan tidak senang terhadap nikmat orang lain, maka segeralah berkata “Alhamdulillah ia mendapatkan rizki dari Allah”
4.        Berusahalah berbuat baik terhadap orang lain yang tidak kita sukai
5.        Awalilah salam atau sapaan jika kita bertemu dengan orang yang tidak kita sukai
6.        Sering-seringlah kita membaca serta mengamalkan hadist dan nasehat-nasehat baik
7.        Budayakan sifat kasih sayang dan berprasangka baik
8.        Budayakan sifat qona’ah yakni menerima apa adanya segala yang telah diberikan Allah

Keterangan ini diambil dari Kitab An-Nasho’ikhud Diniyyah Wal Washoyal Imaniyyah karangan Syekh Imam Barkatul Anam Abdullah Ba’lawi Al-Hadad, Hal.83-84.


Semoga Allah mengasihi, mengampuni, dan menjaga kita dari akhlaq-akhlaq tercela dan penyakit-penyakit hati….amiin Ya Arhamar Rohimin, ^_^

Semoga bermanfaat.....^_^

Post a Comment

Previous Post Next Post