Si Ahli Ibadah dan Pelacur


قال رسول الله صل الله عليه وسلم اجتنبوا الخمر فانها ام الخبائث
Rosulullah SAW bersabda “Jauhilah kamu sekalian dari meminum khomar (minuman keras) karena sesungguhnya itu adalah induk dari perbuatan keji”

Diceritakan dari sahabat Ustman bin Affan, Rosulullah SAW pun bercerita bahwa dahulu hiduplah seseorang yang menyembah kepada Allah, ia selalu menghabiskan setiap waktunya untuk melakukan ibadah kepada Allah di siang dan malamnya. Ia terkenal di antara penduduk disekitarnya sebagai seorang yang alim dan taat dalam beribadah. Hingga suatu ketika seorang wanita pelacur mendengar kabar tentangnya dan merencanakan sesuatu kepadanya.

Pelacur itu mengutus seorang pelayan datang kepada orang yang taat beribadah dan mengatakan kepadanya “Sesungguhnya kami mengundangmu untuk sebuah penyaksian”. Orang yang taat beribdah itu pun mendatangi undangan yang diberikan kepadanya. Tak lama kemudian sampailah ia di rumah wanita tersebut, ia lekas memasuki rumat tersebut. Saat ia tengah masuk di dalamnya, wanita itu mengunci setiap pintu yang ia masuki tanpa sepengetahuannya. Hingga masuklah ia pada suatu ruang dimana di dalamnya terdapat seorang anak kecil dan sebotol khomar (minuman keras) sedangkan wanita itu duduk bersantai di atas ranjang.

Wanita itu berkata kepadanya “Sesungguhnya aku tidak mengundangmu kesini untuk suatu penyaksian, tapi untuk membunuh anak ini atau kamu berzina denganku atau kamu minum segelas khomar ini. Tetapi jika kamu menolak, aku akan menjerit sehingga para penduduk akan berdatangan dan menuduhmu sebagai seorang pemerkosa”. Dalam keadaan terjepit, ia merasa bingung karena harus memilih salah satu dari tiga perbuatan dosa tersebut. Dan akhirnya ia memilih meminum khomar dengan alasan dosa yang dilakukan lebih kecil dari dua pilihan lainnya.

Orang yang taat beribadah tersebut pun berkata “Berikanlah khomar itu untukku”. Wanita itu pun memberikan khomar itu dan meminumkannya sehingga ia kehilangan akalnya. Saat ia kehilangan akalnya, ia pun melakukan keduanya, berzina dengan wanita itu dan membunuh seorang anak kecil.

Demikian juga Rosulullah bersabda “Tidak bisa disatukan antara iman dan meminum khomar di dalam hati seseorang kecuali salah satu akan keluar dari hati pemiliknya”. Hadist dan cerita di atas adalah hadist shohih yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Hibban.

Kisah ini diambil dari Kitab Durrotun Nashihin karangan Syekh Ustman bin Hasan bin Ahmad Asy-Syakiri Al-Khoubawiy, Bab. 17-Hal. 63.

Ampuni dosa kami Ya Allah...!!!

DOWNLOAD FILE INI => ARJUROHMAH

Post a Comment

Previous Post Next Post