Sahabat Ali bin Abi Tholib dan 6 keping Dirham

Sahabat Ali bin Abi Tholib adalah salah satu sahabat Rosulullah SAW yang miskin tetapi beliau terkenal pandai dalam keilmuan. Beliau bukan hanya sebagai sepupu dan sahabat tetapi juga menantu Rosulullah. Beliau menikah dengan Fatimah, putri Rosulullah SAW dan dikaruniai dua putra yakni Hasan dan Husain. Tidak hanya cerdas, beliau adalah seorang yang ramah, cinta perdamaian, taat dalam beribadah dan juga seorang yang dermawan meski keadaan ekonomi yang sempit.  

Diceritakan suatu hari sahabat Ali bin Abi Tholib pulang ke rumah beliau setelah menemui Rosulullah SAW. Sesampai di rumah, beliau langsung memasuki rumah dan melihat Fatimah sedang duduk memintal benang sedangkan Salman Al-Farisi memilah-milah bulu wol di depan Fatimah. Kemudian beliau bertanya kepada Fatimah “Wahai wanita yang mulia, apakah kamu mempunyai sesuatu yang dapat dimakan oleh suamimu ?”. Fatimah pun menjawab “Demi Allah, tidak ada sesuatu padaku tetapi hanya 6 keping dirham ini, Salman memberikannya kepadaku sebagai hadiah memintal benang ini, dan aku ingin membelikan makanan untuk Hasan dan Husain”. Sahabat Ali berkata “Berikanlah kepadaku lalu aku akan menaruhnya di sakuku !”. Setelah Fatimah memberikannya, sahabat Ali pun segera pergi keluar rumah untuk membeli beberapa makanan.

Di tengah perjalanan membeli makanan, sahabat Ali bertemu dengan seseorang pengemis yang sedang berdiri, dengan mengharap belas kasihan ia berkata “Barang siapa yang mau memberikan hutang kepada Allah yang Maha Menjaga dan Maha Menepati !!!”. Karena merasa kasihan, beliau mendekatinya dan memberikan 6 keping dirham tersebut kepadanya. Ya, beliau adalah orang yang lebih mementingkan urusan orang lain daripada urusan pribadi dan keluarga, dan semua itu beliau lakukan karena mengharap ridlo dan rohmat Allah yang Maha membalas kebaikan.

Sahabat Ali bin Abi Tholib pun pulang dengan tangan kosong. Sesampainya di rumah, Fatimah yang di kala itu melihat suaminya pulang dengan tangan kosong, ia menangis atas kejadian itu. Beliau pun berkata “Wahai wanita yang mulia, apa yang menyebabkan kamu menangis ?”. Fatimah pun menjawab “Wahai sepupu Rosulullah, apa yang terjadi ? apa yang membuat kamu pulang dengan tangan hampa ?”. Beliau menjawab “Aku telah menghutangkan 6 keping dirham itu kepada Allah”. Mendengar demikian, Fatimah pun merelakan atas tindakan yang dilakukan suaminya. Kemudian beliau pun pergi keluar untuk menemui Rosulullah SAW.

Di tengah perjalanan, sahabat Ali bertemu dengan orang a’robiy (orang dari kalangan pedesaan) yang sedang menjual unta. Orang tersebut segera menghampiri beliau dan menawarkan untanya kepada beliau “Wahai ayah Hasan, belilah unta ini dariku ?”. Beliau berkata “Aku tidak punya sesuatu untuk membeli untamu !”. Orang itu berkata “Aku bisa menjual unta ini kepadamu dengan uang diakhir, bayarlah uangmu kapan saja kamu bisa membayarnya”. Beliau bertanya “Berapa harga unta ini ?”. Orang itu menjawab “Seratus dirham”. Akhirnya sesuai kesepakatan, beliau pun membeli unta tersebut dengan uang di akhir saat beliau bisa membayarnya.

Saat berjalan membawa unta itu, sahabat Ali bertemu dengan orang a’robiy lainnya, ia berkata kepada beliau “Wahai ayah Hasan, apakah kamu akan menjual unta itu ?”. Beliau menjawab “Ya”. Orang itu berkata “Berapa harga yang kamu tawarkan ?”. Beliau berkata “Tigaratus dirham”. Orang itu berkata “Baiklah, aku membeli untamu”. Dengan menemrima tigaratus dirham, beliau menjual untanya dan menyerahkannya kepada orang a’robiy tersebut. Kemudian beliau segera pulang ke rumah dengan membawa beberapa makanan dan memberikannya kepada Faimah. Fatimah pun tersenyum kemudian berkata “Apa ini wahai ayah Hasan ?”. Beliau pun berkata “Wahai putri Rosulullah, aku telah membeli seekor unta seharga seratus dirham dengan uang di akhir lalu aku menjualnya dengan harga tigaratus dirham secara tunai”. Fatimah pun merasa senang dan rela atas suaminya.

Sahabat Ali lekas pergi keluar rumah untuk menemui Rosulullah SAW yang saat itu sedang berada di dalam masjid. Beliau pun memasuki pintu masjid sedangkan Rosulullah memandang beliau dan tersenyum. Setelah beliau mengucapkan salam, Rosulullah SAW berkata “Wahai ayah Hasan, apakah kamu mau menceritakannya kepadaku atau aku yang menceritakannya kepadamu ?”. Beliau pun berkata “Iya, Engkau saja yang menceritakannya kepadaku, wahai Rosulullah !”. Kemudian Rosulullah SAW berkata “Apakah kamu mengetahui orang a’robiy yang menjual untanya kepadamu dan orang a’robiy yang membeli unta darimu ?”. Beliau hanya menjawab “Allah dan Rosul-Nya lebih mengetahui”. Rosulullah berkata “Keberuntungan besar bagimu wahai Ali, kamu memberikan hutang 6 keping dirham kepada Allah maka Allah memberimu 300 keping dirham sebagai pengganti pada setiap satu dirham adalah 50 keping dirham. Orang a’robiy yang pertama adalah Malaikat Jibril sedangkan orang a’robiy kedua adalah Malaikat Mikail”.

Semoga Allah akan senantiasa melimpahkan rohmat dan karunia-Nya kepada hamba-hamba-Nya yang peduli dan mau membantu orang lain.


Kisah ini diambil dari Kitab Mawa’idlul Ushfuriyyah karangan Syekh Muhammad bin Abi Bakar, Hadist ke 11-Hal. 10.

DOWNLOAD FILE INI :

Post a Comment

Previous Post Next Post