Biografi Ibnu Sina

Nama lengkap beliau adalah Abu Ali Al-Husain bin Abdullah bin Hasan bin Ali bin Sina. Beliau di lahirkan di desa Arsyanah, dekat Bukhoro, Tranxosiana (Persia Utara) tahun 370 H/980 M. Ayahanda beliau berasal dari kota Balakh kemudian pindah ke Bukhoro pada masa raja Nuh bin Mansur. Dan diangkat oleh raja sebagai penguasa di Kharmaitsan, salah satu wilayah kota Bukhoro. Di kota ini, ayahanda beliau menikah dengan seorang wanita jelita bernama Sattarah dan dikaruniai 3 orang anak, yang salah satu anaknya adalah beliau.
Ibnu Sina mempunyai ingatan dan kecerdasan yang luar biasa sehingga pada usia 10 tahun beliau sudah mampu menghafalkan Al-Qur’an, sebagian sastra arab, dan kitab metafisika karangan Aristoleles setelah beliau membacanya sebanyak 40 kali.
Pada usia 16 tahun beliau sudah banyak menguasai ilmu-ilmu pengetahuan, sastra arab, ilmu fiqih, ilmu falaq (ilmu perhitungan), ilmu uku dan filsafat. Bahkan ilmu kedokteran beliau pelajari sendiri. Pada usia 18 tahun beliau berprofesi dalam berbagai bidang, seperti : guru, penyair, filosof, pengarang kitab, dan seorang dokter. Beliau juga pernah diundang untuk mengobati Sultan Samaid di Bukhoro karena beliau merupakan seorang dokter yang termasyur.
Ibnu Sina juga seorang filosof arab terkenal di barat, yang dikenal dengan sebutan Avicenna. Kebesaran beliau sebagai seorang filosof terkenal dima sa itu terbukti ketika Imam Ghozali melancarkan serangan terhadap pemikiran kaum filosof, Imam Ghozali tidak pernah menemukan tokoh filsafat yang hebat selain Ibnu Sina.
Ibnu Sina wafat pada tahun 428 H/1037 M dalam usia 57 tahun. Pada akhir hayatnya, beliau menjadi guru filsafat dan seorang dokter di Isfahan. Diberitakan bahwa penyakit maag (perut) yang mengiringi kematian beliau sebagai dampak kerja keras beliau demi urusan negara dan ilmu pengetahuan. Pada waktu siang beliau bekerja, sedangkan pada waktu malam beliau membaca dan menulis hingga larut malam.

Katerangan ini diambil dari Buletin Al-Himmah oleh Ust. Masykur Amin, Paciran Lamongan.

Semoga bermanfaat....^_^

Post a Comment

Previous Post Next Post